please wait

Terapkan Konsep Kaizen, Wikrama Jadi Juara


SMK WIKRAMA BOGOR – SMK Wikrama saat ini selalu memperbarui sistem belajar yang diterapkan kepada peserta didiknya sesuai dengan kebutuhan sumberdaya manusia di industri dan masyarakat. Seperti mengikuti program pemerintah yaitu teaching factory dan masih banyak lagi. Tidak berhenti sampai disitu, SMK Wikrama aktif mengikuti program-program lain yang berkaitan dengan perkembangan kurikulum siswa, seperti program yang dicanangkan PT. Toyota Astra Motor (TAM) yang bertajuk Kaizen Goes To School (KGTS).

Menurut Kiki Rizki Romadhoniyah, salah seorang guru SMK Wikrama yang aktif dalam program KGTS tersebut menjelaskan, program KGTS memberikan dampak positif bagi SMK Wikrama. “Kaizen ini merupakan kata dari bahasa jepang yang berarti berubah menjadi lebih baik, konsep kaizen ini banyak diterapkan di industri-industri besar seperto Toyota, dan melalui program ini, Toyota ingin membawa konsep tersebut ke dunia pendidikan demi mencetak sumberdaya manusia yang lebih baik, karena relevan dengan visi misi SMK Wikrama, maka kami aktif ikut serta dalam program ini,” jelas Kiki.

Menurut Kiki, melalui KGT ini, TAM melakukan soft skill training dan pendampingan bagi guru yang bertugas untuk mengajarkan nilai-nilai kaizen kepada para peserta didik. “Guru dan peserta didik oleh TAM diberikan arahhan untuk menjadi lebih sadar terhadap problematika yang ada di sekitar kami, makadari itu dari arahan tersebut, kami bersungguh-sungguh melakukan problem solving terhadap angka kehadiran peserta didik dalam ekstrakurikuler yang masih kurang baik di SMK Wikrama,” jelasnya.

Tentunya Kiki dan timnya tidak ingin menyia-nyiakan program ini, sehingga kesungguhannya mengurangi angka ketidakhadiran peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler dapat teratasi sekaligus mendapatkan penghargaan dari TAM. “Alhamdulillah, kemarin (28/1) SMK Wikrama Bogor mendapatkan juara 2 nominasi video QCC terbaik  dan juara 3 nominasi tema terbaik,” syukur Kiki.

Kiki berharap semoga semangat Kaizen ini tidak berhenti sampai disini. “Sehingga SMK Wikrama dapat berubah menjadi lebih baik dengan menerapkan konsep kaizen pada program sekolah lainnya selain ekstrakurikuler,” harapnya. (IU)