please wait

Wikrama Punya Duta Peduli Lingkungan


SMK WIKRAMA BOGOR - Nabila Salma, peserta didik Wikrama kelas 10 kompetensi keahlian Multimedia, belum lama ini (20/12) dinobatkan sebagai salah satu Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepeling Asih) tingkat Kota Bogor. Tentunya rasa senang dan bangga dirasakan Nabila tidak terkecuali sekolah terutama guru pembimbingnya, yaitu Kiki Rizki Romadhoniyah.

Kiki menyebutkan, pada saat itu terdapat 18 orang terpilih yang dilantik menjadi Duta Pepeling Asih Kota Bogor di Korem  061 Suryakancana. “Saya berharap, dengan terpilihnya Nabila menjadi Duta Pepelingasih bisa membagikan ilmu tentang lingkungan yang ia dapat kepada teman-temannya di sekolah serta semangat kepeduliannya  menjaga  lingkungan asri dan bersih dapat tertular ke orang-orang di sekitarnya,” harapnya.

Menurut halaman website Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI), program ini merupakan program unggulan Kempora di bidang kepemudaan yang melibatkan para pemuda pelopor seluruh provinsi yang berkonsentrasi pada kepedulian lingkungan, khususnya kebersihan sungai dari tumpukan sampah yang membahayakan ekosistem sekitar. Program ini diselenggarakan setahun sekali, sehingga setiap tahunnya, kemenpora melantik pemuda baru menjadi Duta Pepelingasih.

Nabila mengatakan, dirinya bisa terpilih menjadi Duta Pepelingasih tentunya ada andil dari sekolah yang selalu mengajarkannya budaya-budaya peduli lingkungan. “Sehingga sebelum saya menjadi duta pepelingasih pun, sudah banyak ilmu tentang peduli lingkungan yang saya dapatkan di sekolah, mulai dari membawa tempat bekal untuk mengurangi sampah plastik, piket rayon untuk menjaga kebersihan kelas, CBT PLH (Competence Based Training Pendidikan Lingkungan Hidup), dan masih banyak lagi,” tuturnya.

SMK Wikrama Bogor sejak lama menerapkan budaya peduli lingkungah terhadap seluruh warga sekolahnya, sehingga sejak didirikan telah banyak penghargaan yang berkaitan dengan lingkungan yang diterima SMK Wikrama Bogor, mulai dari tingkat nasional hingga internasional. SMK Wikrama Bogor juga dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri oleh dari Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan RI dan Menteri Lingkungan Hidup RI pada juni 2012. (IU)