please wait

SMK Wikrama Edukasi Peserta Didik Tentang Bela Negara


SMK WIKRAMA BOGOR - Bela negara adalah sikap atau perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Karena itu, bela negara penting ditumbuhkan sejak dini.

Setiap tahunnya SMK Wikrama memberikan pendidikan bela negara kepada peserta didiknya. Bukan hanya sekedar mendengarkan materi dari para ahli, tapi juga peserta didik diajak terjun langsung ke lapangan melihat sejarah perjuangan pahlawan Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

13 November 2018, peserta didik yang merupakan calon anggota OSIS dan MPR mendapatkan materi tentang jiwa kepemimpinan dan bela negara dari Komandan Rayon Militer (Danramil) dari Kodim 0606, Mayor Mesdi Andri dan salah seorang Dewan Harian Cabang (DHC) 45, John E. Kennedy. Di hari selanjutnya 15 November 2018, peserta didik diajak melakukan kegiatan wisata kebangsaan.

Salah seorang guru yang menjadi pembina dalam kegiatan ini, Endang Setiawan mengatakan, dalam kegiatan wisata kebangsaan ini, peserta didik diajak keluar sekolah. “Mereka ke museum kepresidenan, lalu dilanjutkan ke taman makam pahlawan dreded, lalu melanjutkan ke Museum Pembela Tanah Air (PETA),” terang Endang.

Di masing-masing tempat tersebut, Endang menceritakan siswa mendapatkan banyak pengetahuan sejarah, seperti di museum kepresidenan, peserta didik mendapatkan banyak cerita menarik tentang kepemimpinan presiden di Indonesia mulai dari presiden pertama sampai yang menjabat saat ini. “Lalu di meseum PETA, siswa kami disambut oleh kapten infantri disana, diberikan arahan, lalu keliling museum , lalu diperkenankan melihat wilayah persenjataann TNI,” tuturnya.

Terakhir, siswa berkumpul dan mendapatkan renungan dari salah seorang guru sejarah, Elvia Roza. Endang berharap dari deretan kegiatan yang dilalui peserta didiknya akan mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme mereka. “Dengan jiwa nasionalisme tersebut diharapkan dapat menambah semangat peserta didik untuk selalu berperilaku positif,” harap Endang. (IU)

 

Sumber : Wikrama Magazine Edisi 003/XI/NOVEMBER/2018