please wait

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor Anugerahi Wikrama 5 Piala


SMK WIKRAMA BOGOR – Festival Drama Juang yang diselenggarakan Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bogor tentunya menjadi ajang yang tidak mungkin dilewatkan oleh anak-anak teater SMA se-Kota Bogor setiap tahunnya untuk adu kemampuan. Teater SMK Wikrama yang tergabung dalam ‘Kertas Wikrama’ pun tentunya tidak melewatkan kesempatan dalam mengikuti ajang ini.

Tidak tanggung-tanggu, pada Festival Drama Juang tahun ini yang diadakan pada 22 November 2018 di Gedung Kemuning Gading, Kertas Wikrama dengan penampilan dramanya yang berjudul “Sang Kapten”  berhasil memperoleh lima piala sekaligus untuk lima kategori berbeda, diantaranya, penyaji terbaik, musik terbaik, artistik terbaik, naskah terbaik, serta peran utama wanita terbaik.

Hal tersebut tentunya membuat bangga seluruh warga sekolah terlebih lagi para anggota kertas wikrama yang telah melewati proses latihan panjang untuk menghadapi lomba ini. “Tentunya kami sangat bahagia, kemenangan ini menambah kepercayaan diri kami untuk mengikuti lomba lainnya,” ujar salah seorang anggota Kertas Wikrama, Luthfia Nur Azizah.

Luthfia mengaku, dirinya dan tim berlatih untuk menghadapi lomba ini selama kurang lebih 2 bulan. “1 bulannya latihan biasa, latihan rutin saja, sedangkan 1 bulannya latihan efektif setiap hari,” terangnya.

Luthfia mengatakan, ia dan teman-temannya tidak merasa kelelahan selama latihan, karena selalu termotivasi setiap mengingat bahwa ajang ini merupakan  ajang bergengsi di kalangan pelajar Kota Bogor. “Selain itu, Festival Drama Juang ini merupakan satu-satunya lomba teater di Indonesia yang membawakan tema perjuangan,” Jelas Luthfia.

Namun tentunya, ia mengatakan selama proses persiapan menuju lomba ada suka dan duka yang ia dan teman-temannya lalui. “Sukanya, kami sesama anggota kertas wikrama semakin solid dalam menyelesaikan masalah, sedangkan dukanya kerana kami seorang pelajar yang kewajiban utamanya adalah belajar, maka kami harus pintar-pintar membagi waktu dengan akademik kami di sekolah,” tutur Luthfia.

Pelatih Kertas Wikrama; Angga Yuda mengaku sangat salut dengan semangat anggota Kertas Wikrama dalam mengikuti lomba ini, mulai dari persiapan hingga eksekusi saat penampilan di hadapan para juri dan banyak penonton. “Saya berharap, semoga Kertas Wikrama bisa terus berkembang menjadi lebih baik lagi, tidak hanya di Kota Bogor, tapi seluruh Indonesia, bahkan kalau bisa sampai ke tingkat internasional,” cetusnya. (IU/KR)

 

Sumber : Wikrama Magazine Edisi 003/XI/NOVEMBER/2018