please wait

Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Aku adalah Wikrama, Wikrama adalah Aku

MPLS (Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah) SMK Wikrama Bogor dilaksanakan pada tanggal 17 s/d 19 Juli 2017. Kegiatan ini yang dulu dikenal dengan nama MOS (Masa Orientasi Siswa) dalam perkembangannya mengalami perubahan struktural yang signifikan. Tujuan MPLS saat ini, siswa/siswi baru SMK Wikrama Bogor diharapkan mampu mengenal secara lebih dalam bagaimana lingkungan sekolahnya, penerapan-penerapan cultures (budaya) Wikrama yang senantiasa ditanamkan dalam jiwa (Jujur, Bersih, Hemat, Berjamaah, Ikhlas Memberi), serta kebiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) yang juga harus menjadi pondasi dasar guna membentuk character building yang lebih kokoh dan bersinergi, hingga segala sesuatu yang sifatnya lebih ‘personal’—dalam hal ini, tentang potensi dan minat masing-masing anak, bisa tercover sesuai dengan minatnya.

Pada MPLS tahun ini, SMK Wikrama Bogor mengundang tiga pemateri dari luar, yaitu Koramil Bogor Timur, Puskesmas Pulo Armyn Bogor, dan Polsek Bogor Timur. Tema-tema yang menjadi bahasan adalah seputar pendidikan karakter, meliputi tenggang rasa, peduli lingkungan, dan disiplin dalam berlalu lintas. Bahasan-bahasan pokok disampaikan juga oleh pihak sekolah tentang GLS (Gerakan Literasi Sekolah)—budaya membaca, menulis, dan berkarya. Pun pengenalan kurikulum 2013 yang sudah diterapkan SMK Wikrama Bogor sejak 2013 silam.

Selain bahasan hal-hal yang sifatnya utama, pada MPLS juga dikupas tentang proses belajar mengajar yang ber-study case namun fun learning. Selain itu ada juga diskusi dan prakarya, serta kegiatan-kegiatan keagamaan (dhuha, solat berjamaah, pembacaan almasurat, dan lain-lain). Kegiatan-kegiatan di atas diharapkan mampu menjadi stimulus yang membuat jiwa siswa/siswi makin KAYA dengan kebhinekaan yang ada di Wikrama.

Makin jaya terus ya Wikrama.

Go go terus Wikrama untuk Indonesia!

(Red : Dia)